SEJARAH AL QUR'AN



    Sebagai anggaran dasar dan buku induk Islam, ia menjadi sumber utama keyakinan, etika dan hukum. Karena ia bukan karya manusia, maka ia mesti dapat menjawab semua pertanyaan. Lebih dari itu, sejarahnya (diharapkan) tidak membingungkan apalagi membuka celah keraguan dan kecurigaan.
Tapi, tahukah Anda bahwa terdapat banyak versi yang berlainan (kontroversi) di balik proses pengumpulan dan penulisannya? Nabi tidak memerintahkan sahabatnya mengumpulkan al Quran pada masa hidupnya?. Benarkah teks-teks mulia itu dikumpulkan secara tergesa-gesa beberapa puluh tahun sejak wafat Nabi saw? Sejauhmana kecermatan “panitia penulisan” yang dibentuk di tengah kecamuk politik pasca Nabi itu? Berapa versi bacaan al Quran? Apakan penentuan salah satu versi bacaan sebagai sebuah “keputusan politik”?Adakah teks-teks yang ditengarai tidak dimuat karena kelalaian? Apa kaitan antara gugurnya para prajurit penghafal al Quran dalam ekspansi ke luar Hijaz dan inisiatif pengumpulan al Quran?
Tentu, sekedar menduga-duga tidaklah cukup untuk menyelesaikan teka-teki sepanjang masa ini. Diperlukan sebuan kajian mendalam dan penjelasan yang benar-benar strong sekaligus komprehensif untuk mengikuti secara seksama reka-ulang pengumpulan kitab suci ini.
Sungguh disayangkan, bila Muslim tidak tahu sejarah kitab sucinya.


EmoticonEmoticon